Sabtu, 11 September 2010

PEMBINAAN REMAJA

Yesus Gembala yang Baik
Jumlah kaum remaja semakin banyak.
Permasalahan yang mereka hadapi semakin komplek, tetapi siapa yang serius menjadi sahabat mereka?
Ada orang tua, sanaksaudara, orang-orang dekat, tetapi mereka sendiri sibuk dengan problema sendiri. Apalagi orang tua yang memikirkan dan memenuhi kebutuhan hidup keluarga, masalah pekerjaan di kantor atau di tempat lain, kesehatan dan  pendidikan anak. Belum lagi bila ada utang piutang yang turut menambah deretan beban mereka.

Sekolah sebagai institusi pendidikan memang memiliki tugas mendidik dan mengajar para siswa, tetapi para guru sendiri semakin disibukkan juga dengan tuntutan untuk memenuhi standar kompetensi mata pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya sehingga tidak bisa memperhatikan permasalahan siswa secara pribadi satu demi satu. Harus ke manakah para siswa yang masih tergolong remaja itu mencari jawaban?

Apakah tempat hiburan seperti play station, karaoke dan bioskop dapat menjawab kegalauan jiwa mereka yang meledak-ledak? Ataukah warnet menjadi media chating, facebook, twitter dan layanan internet lainnya menjadi tempat pelarian untuk bertanya? Dan lain-lain dan lain-lain. Semua yang disebutkan itu ada plus minusnya, ada positif-negatifnya tetapi harus difungsikan secara bijaksana.

Kami menawarkan pembinaan dalam bentuk retret untuk remaja yang dinamakan Camping Rohani Penyegaran Hidup. Judulnya camping atau berkemah tetapi tidak mutlak harus diadakan dalam perkemahan. Retret dapat dilakukan di rumah retret bahkan hotel, tetapi sistem camping gaya Pramuka tetap diterapkan. Bertahun-tahun sistem ini digunakan di berbagai kesempatan, kami semakin yakin bahwa gaya itu sangat cocok untuk remaja.

Retret diadakan dalam 3 (tiga) hari yang tentu saja tidak cukup menjawab semua permasalan peserta. Tetapi metode dan isi pembinaan yang disajikan dan dialami serta yang mereka miliki juga dalam buku pegangan menjadi sumber inspirasi yang tidak akan habis termakan waktu.

Sang Gembala Agung, Tuhan Yesus Kristus akan membawa kesegaran baru dalam hidup mereka.
Tuhan beserta kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar